Marketing Melalui Twitter
Sunday, March 1, 2009
Sudah kenal Twitter kan? Mungkin di Malaysia tidak terlalu dikenal. Tapi di Amerika, twitter sangat digemari. Pada dasarnya aplikasi ini cukup sederhana. Twitter adalah aplikasi Social Networking yang dapat digunakan untuk komunikasi setiap saat setiap waktu. Seperti pesan instan. Atau pergantian status di Facebook. Dan dapat diisi melalui komputer, blackberry hingga handphone yang memiliki browser standand. Pada dasarnya twitter menanyakan kepada Anda, apa yang sedang Anda kerjakan sekarang, dan Anda menjawabnya dengan 140 karakter/huruf.
Bagaimana twitter dapat dijadikan alat marketing? Secara terang, perusahaan seperti Dell, BBC menggunakan twitter untuk mengupdate sesuatu secara singkat. Misalnya pelancaran produk, promosi atau sekadar berita baru. Cara ini mungkin sesuai bagi brand besar atau perusahaan yang sudah dikenal. Masalah dengan model ini adalah tidak adanya percakapan. Pengamat pesan cenderung pasif dan menunggu informasi.
Bentuk kedua adalah menggunakan twitter sebagai catatan kegiatan pribadi, seseorang di sebuah syarikat. Dengan mengetahui aktivi orang-perorang, syarikat dapat menyebarkan nilai-nilai kepada pelanggan. Misalnya seorang wartawan di sebuah surat kabar, menggunakan twitter untuk mencatat kegiatannya saat mewawancara orang, melaporkan jalannya diskusi, bahkan bertarung saat mencari sumber berita yang sulit. Dengan menyebarkan semangat ini, para pengikut dapat berempati terhadap wartawan yang bersangkutan. Otomatis akan berdampak terhadap surat kabar tempat dia bekerja. Paling tidak orang tahu bagaimana berita itu dibuat di perusahaan tersebut.
Aku percaya bahwa brand dibentuk bukan oleh perusahaan, namun oleh pelanggan. Dan semangat twitter yang paling disukai adalah transparan/kejujuran. Transparan dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan nilai-nilai brand secara personal, jujur dan dua arah. Mudah-mudahan boleh memberi insight.
Ikut twitter @Denaihati
0 comments:
Post a Comment